1 .
Iklan produk Nano-nano :
Permasalahannya,
iklan berisi rasa takut atau takhayul. Dalam iklan tersebut muncul tokoh
sebagai suster ngesot dan dengan backsound yang menyeramkan. Adegan seperti itu
akan menimbulkan rasa takut pada penonton.
Iklan ini melanggar Etika Pariwara Indonesia pada bagian tata krama no.9 yaitu Rasa Takut dan Takhayul yang bunyinya "Iklan tidak boleh menimbulkan atau mempermainkan rasa takut,
maupun memanfaatkan kepercayaan orang terhadap takhayul, kecuali
untuk tujuan positif."
maupun memanfaatkan kepercayaan orang terhadap takhayul, kecuali
untuk tujuan positif."
2 .
Iklan produk Yamaha – Rossi :
Permasalahannya terdapat kata
No.1. kata tersebut tidak boleh digunkan jika tidak ada penjelasan dalam hal
apa produk tersebut menjadi nomor satu.
Iklan ini melanggar Etika Pariwara Indonesia pada bagian tata krama no.2 yaitu Bahasa yang bunyinya "Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata superlatif seperti
“paling”, “nomor satu”, ”top”, atau kata-kata berawalan “ter“, dan
atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menjelaskan
keunggulan tersebut yang harus dapat dibuktikan dengan
pernyataan tertulis dari otoritas terkait atau sumber yang otentik."
“paling”, “nomor satu”, ”top”, atau kata-kata berawalan “ter“, dan
atau yang bermakna sama, tanpa secara khas menjelaskan
keunggulan tersebut yang harus dapat dibuktikan dengan
pernyataan tertulis dari otoritas terkait atau sumber yang otentik."
3 .
Iklan produk Kafe Do white coffee
:
Permasalahannya iklan ini
berisi pornografi dan pornoaksi. Dalam iklan ini, terlihat seorang pria
menumpahkan kopi tepat di dada wanita, kemudian wanita tersebut mencolek dan
menjilat bekas tumpahan tersebut. Adegan tersebut terlihat sangat erotis. Belum
lagi iklan ini sudah beberapa kali terlihat tayang di pagi hari, dimana
anak-anak bisa saja melihat adegan yang tidak mengenakan tersebut.
Iklan ini melanggar Etika Pariwara Indonesia pada bagian tata krama no.26 yaitu Pornografi dan Pornoaksi yang bunyinya "Iklan tidak boleh mengeksploitasi erotisme atau seksualitas dengan
cara apa pun, dan untuk tujuan atau alasan apa pun."
cara apa pun, dan untuk tujuan atau alasan apa pun."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar